Kesadaran Rendah Atawa Tidak Tahu

Mobil itu begitu saja parkir, menghalangi guiding block warna kuning bagi penyandang disabilitas.

Siang menjelang petang, saya mengantar anakku yang hendak membeli kaos kaki hitam untuk kelengkapan seragam Pramuka.

Di trotoar depan sedikit ke kiri, tampak mobil terparkir di atas trotoar itu. Tak saja menghalangi zebra cross lintasan pejalan kaki, mobil itu juga menghalangi blok pemandu bagi penyandang disabilitas.

Pertanyaan kritisnya, benarkah pengendara mobil itu tak memahami blok pemandu bagi penyandang disabilitas, yang dipasang di tengah trotoar dengan warna kuning itu?

Tak ada jawaban pasti, sebab saya juga tak mengajukan pertanyaan kepada pengendara mobil itu. Tetapi kalau dilihat perilakunya itu, tentu saja bisa dikatakan ia tak memahami fungsi blok pemandu itu.

Faktanya, dia parkir dengan seebaknya.

Artinya, setelah diberlakukannya UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, sosialisasi kepada masyarakat mengenai hak penyandang Disabilitas, termasuk soal blok pemandu itu belum sempurnanya hasilnya.

Kalau sosialisasi itu sudah dijalankan, toh mungkin ternyata belum juga menjangkau pengendara mobil itu.

Bagaimana jika ternyata pengendara itu sudah mendapatkan sosialisasi, atau mungkin sudah sempat membaca melalui informasi di dunia maya atau media cetak dan televisi, itu menunjukkan tingkat kesadaran pengendara yang bermasalah.

Pengetahuan dan informasi yang didapatnya, dengan begitu, tak mampu mentransformasikan menjadi tindakan.

Dan begitulah kebanyakan yang menjadi kenyataan. Pengetahuan dan informasi tak selalu menjelma menjadi sikap dan teroperasionalisasikan menjadi tindakan.

Di sinilah makna pentingnya berpikir, berkata, bersikap dan bertindak dengan konsisten.***

Mukhotib MD

Jurnalis dan Pendiri Tabloid PAUD, bacaan tepat orangtua bijak Penulis novel Kliwon, Perjalanan Seorang Saya, Air Mata Terakhir, Pesona Sumilah, Den Ayu Putri. Konsultasi Program dan Manajemen, dan Fasilitator Pendidikan Kritis Rakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.