Bersepeda, Murah dan Sehat

Kesehatan menjadi persoalan serius ketika alat-alat transportasi makin mudah dan murah. Belanja ke warung tetangga saja naik motor, tak lagi jalan kaki.

Akibatnya, sedikit gerakan tubuh dalam setiap harinya. Semuanya serba berkendaraan. Situasi seperti ini ditambah lagi dengan aktivitas duduk berlama-lama, karena asyik bermain gawai.

Agar kita tetap sehat dan panjang usia tanpa mengalami pikun, penting kiranya mulai memikirkan kembali gaya hidup keseharian.

Paling sederhana, mulailah dengan banyak gerak tubuh. Kalau hanya ke warung satu dusun, alangkah baiknya berjalan kaki saja. Atau setidaknya bersepeda onthel. Dengan begitu ada gerakan-gerakan yang mampu mengolah lemak, berkeringat dan banyak otot-otot yang menjalankan fungsi motoriknya.

Pembakaran lemak dalam tubuh merupakan hal penting sehingga tidak terjadi pengumpulan dalam tubuh yang bisa menjadi pemicu banyak gangguan dalam kesehatan tubuh. Misalnya, akan terhindar dari obesitas dan kolesterol.

Mari bersepeda. Bagi yang tinggal di Magelang tentu saja bersepadahan mengelilingi alun-alun Magelang sambil menikmati pemandangan, singgah di masjid atau melihat tower yang berusia puluhan tahun.

Kalau di Yogyakarta, bisa santai bersepeda dengan menyewa sepeda onthel di alun alun kidul, dengan mengelilingi secara berputar. Kalau lelah bisa mencoba berjalan menuju apit pohon beringin dengan mata ditutup. Wisata spiritual yang mengasyikkan.

Jika kebetulan hendak berhaji, di Madinah dan Mekkah juga akan membutuhkan ketahanan fisik. Jalan dan bersepeda bisa menjadi bagian dari latihan untuk melaksanakan ibadah haji. Tentu jika Anda memiliki dana bukan dari hasil korupsi atau suap.

Maka, sudah siapkah kita mengubah gaya hidup yang lebih sehat? Mari kita mulai dari diri kita sendiri, sekarang juga.***

 

Mukhotib MD

Jurnalis dan Pendiri Tabloid PAUD, bacaan tepat orangtua bijak

Penulis novel Kliwon, Perjalanan Seorang Saya, Air Mata Terakhir, Pesona Sumilah, Den Ayu Putri.

Konsultasi Program dan Manajemen, dan Fasilitator Pendidikan Kritis Rakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *