Kado HAS dari Pesantren Al Muaayyad Kartasura

Laki-laki muda di sebelah kanan saya, dengan fasih menceritakan isi sebuah buku kecil berwana hijau. Lukman, nama pemuda itu, menjelaskan dengan runtut bagian per bagian dari buku, yang diterbitkan oleh Pesantren Al Muayyad Kartasura di dukung Interaksi dan CWS Jakarta.

Lukaman adalah salah satu anggota tim penulis buku yang dipresentasikan di khalayak ramai, sebagai bagian dari agenda Pesantren Al Muaayad, dalam gerakan penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia.

“Buku ini masih jauh dari kesempurnaan,” kata Lukman, sambil menunjukkan buku dengan tajuk HIV dan AIDS dalam Perspektif Islam.

Buku ini merupakan kado yang sangat berarti bagi gerakan penanggulangan HIV dan AIDS, karena ditulis oleh para santri pesantren.

Keistimewaannya bukan pada dalam atau tajamnya tulisan-tulisan dalam buku itu, tetapi keberanian pesantren berkaitan dengan berbagai persoalan yang melingkrari problem kesehatan di Indonesia.

HIV dan AIDS bukanlah fenomena tunggal dalam bidang kesehatan, melainkan berkait erat dengan problem kemiskinan yang mengakibatkan ketidakmampuan masyarakat mengakses berbagai informasi dan layanan kesehatan.

HIV dan AIDS hanyalah bagian kecil akibat dari ketidakjelasan kebijakan negara dalam bidang politik, ekonomi dan sosial.

“Sayangnya, buku ini masih bergerak dalam wilayah kesadaran naif. Penyelesaian masalah HIV dan AIDS seakan-akan hanyalah problem perubahan perilaku dan tanggung jawab keluarga. Kita belum melihat di mana posisi negara dalam persoalan HIV dan AIDS,” kata Mukhotib MD, saat menjadi pembahasa dan peluncuran buku kemarin [3/12/2007], di Aula Pedantren Al Muayyad, Makamhaji, Kartasura.

Satu tanggapan untuk “Kado HAS dari Pesantren Al Muaayyad Kartasura

  • 26 Agustus 2008 pada 12:34 pm
    Permalink

    Bravo, ayo bersama-sama kita menanggulangi semakin merebaknya penularan HIV AIDs

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.